Belajar software engineering dan dasar pemrograman oleh mahasiswa Sistem Komputer Universitas Diponegoro

Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Unit Fungsional dan Operasional Hardware Komputer

Muhammad Misbahul Munir . 17.35 . 0 komentar
Unit Fungsional dan Operasional Hardware Komputer
Hardware Sebuah Komputer PC

Setelah kita mengetahui materi tentang pengertian dari hardware komputer pada artikel sebelumnya, kali ini lanjut ke materi unit fungsional dan operasional hardware komputer. Langsung saja ya, disimak penjelasannya berikut ini.

Sebuah komputer mempunyai 5 bagian utama sesuai fungsinya, yaitu:

a.  Unit Input (Input Device)
Yaitu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data dan perintah ke dalam komputer. Setiap komputer mempunyai input device dasar seperti keyboard dan mouse. Selain itu input device tambahan seperti scanner, microphone, joystick, dan webcam.

b.  Unit Memori (Memory)
Unit memori ini berfungsi untuk menyimpan program dan data, terbagi menjadi 2 yaitu Random Access Memory (RAM) untuk menyimpan data sementara dan Read Only Memory (ROM) yaitu memori yang hanya bisa dibaca sebagai penyedia informasi saat komputer pertama kali dihidupkan.

c.  Unit Aritmetika dan Logika (Central Processing Unit)
Central Processing Unit (CPU) merupakan otak dari sistem komputer yang memiliki dua bagian fungsi operasional yaitu: Arithmetical and Logic Unit (ALU) sebagai pusat pengolahan data dan Control Unit (CU) sebagai pengendali kerja komputer.

d.  Unit Output
Yaitu perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Misalnya: monitor, printer, hasil scanner, speaker, dll.

e.  Unit Kontrol
Unit Kontrol secara efektif merupakan syaraf yang mengirim sinyal kontrol ke unit lain dan mengetahui keadaan unit tersebut. Secara ringkas, struktur operasi satu komputer adalah sebagai berikut:
  1. Komputer menerima informasi dalam bentuk program dan data melalui unit input dan menyimpannya dalam memori.
  2. Informasi yang disimpan dalam memori diambil, dibawa Control Program ke unit aritmetika dan logika dimana informasi tersebut akan diproses.
  3. Informasi yang telah diolah ditampilkan melalui output device.
  4. Semua kegiatan dalam komputer tersebut diarahkan oleh Unit Kontrol.
Sekiranya cukup itu tentang unit fungsional dan operasional hardware komputer dan untuk selanjutnya akan dibahas tentang sejarah bahasa pemrograman. Ditunggu ya sobat, sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit, happy coding!
Muhammad Misbahul Munir
Unit Fungsional dan Operasional Hardware Komputer - ditulis oleh Muhammad Misbahul Munir , dipublikasikan pada 17.35, dalam kategori Hardware dan mempunyai 0 komentar
No comment Add a comment

Jika ada pertanyaan, kritik, dan saran silahkan berkomentar. Happy coding!

Cancel Reply
GetID
Copyright ©2014 Siskom Tech. All right reserved
Designed by Misbah - Template by Damzaky
Powered by Blogger