Array, Konsep Data Larik pada Java


Pernahkah kamu melihat beberapa benda yang sama namun berbeda nilainya? Bilah kotak-kotak pada papan permainan catur yang mempunyai nilai baris dan kolom yang berbeda satu dengan lainnya. Di bahasa pemrograman kita akan menemukan yang namanya array. Nah di sini kita akan belajar mengenal array. Salah satu kegunaan array untuk membuat matriks seperti kotak-kotak pada papan permain catur di atas.

Array merupakan sekumpulan variabel yang mempunyai tipe data yang sama. Anggota himpunan array sebagai elemen yang mempunyai nomor indeks lokasi. Nomor tersebut merupakan tempat atau posisi data berada. Indeks array dimulai dari angka 0 (nol).

Sebuah array akan menyimpan beberapa item data yang mempunyai tipe data sama di dalam memori yang berdekatan, yang kemudian dibagi menjadi beberapa slot.

Variabel array adalah sebuah lokasi tertentu yang memiliki satu nama sebagai identifier, akan tetapi dapat menyimpan lebih dari sebuah nilai.

Berbagai macam variabel dengan menggunakan tipe data primitif. Dalam pendeklarasian variabel, kita sering menggunakan sebuah tipe data dan indentifier yang unik. Contoh kasus:
int number1;
int number2;
int number3;
number1 = 1;
number2 = 2;
number3 = 3;
Dari contoh di atas code tersebut akan sia-sia karena harus menginisialisasi dan menggunakan setiap variabel padahal sebenarnya tujuan penggunaan sejumlah variabel di atas adalah sama. Pada pemrograman Java ataupun di pemrograman lain terdapat kemampuan untuk menggunakan satu variabel yang dapat menyimpan beberapa data dan memanipulasinya dengan lebih efektif. Tipe variabel inilah yang disebut array.

Cara pendeklarasian array:
1 Dimensi
nama_array[jumlah_elemen];

2 Dimensi
nama_array[jumlah_elemen_baris][jumlah_elemen_kosong];
Contoh program 1 dimensi:


Hasilnya akan seperti gambar berikut.

Objek array di atas adalah Kata yang mempunyai tipe data String dengan jumlah 3 indeks. Tiap indeks mempunyai nilai tersendiri dan kemudian di cetak di layar. Dengan menggunakan array, kita tidak perlu mendeklarasikan beberapa identifier yang mempunyai tipe data yang sama.

Nah mudah kan belajar konsep array di Java? Untuk penggunaan lebih detail nanti akan saya bahas lebih di artikel selanjutnya. Selamat mencoba dan happy coding!

Junior Android Developer, blogger, college in Diponegoro University at Computer System Engineering.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »