Contoh Program Sederhana Java: Program Nilai Ujian


Halo temen-temen, setelah contoh pertama kita membuat program input data diri sederhana, sekarang contoh program sederhana lain yang akan kita buat adalah program nilai ujian.

Pada program ini kita akan diminta untuk memasukkan data berupa nilai, lalu program akan mengecek kondisi dari nilai yang kita masukkan tadi, dimana posisi nilai yang kita masukkan, setelah pengecekan selesai, akan ada output “nilai anda.....” yang dilanjutkan dengan variabel nilai yang dimasukkan. Sebagai contoh apabila kita memasukkan nilai 90, maka akan muncul tampilan “nilai anda adalah A”.

Untuk membuat program ini, kita akan menggunakan pengondisian if else untuk menentukan huruf berdasarkan nilai yang dimasukkan. Berikut langkah-langkahnya.
  1. Buka Netbeans IDE
  2. New Project → Categories: Java → Project: Java Application → Next
  3. Masukkan nama project → centang Create Main Class → Finish
  4. Ketikkan kode program nilai ujian berikut

  5. Jalankan program dengan klik ikon Run
  6. Tampil Output seperti berikut
    Program Java Nilai Ujian
    Output Program Java Nilai Ujian
Penjelasannya kalian bisa membaca komentar yang terdapat pada program tersebut. Bagaimana? Cukup mudah bukan untuk mengimplementasikan pengondisian if..else? Pengondisian ini tidak sebatas untuk mengganti nilai dengan tulisan, tapi juga bisa untuk memilih perintah mana yang akan dieksekusi.

Nah, itulah contoh program sederhana Java, yaitu program nilai ujian. Jika ada yang ditanyakan silahkan temen-temen berkomentar, happy coding! ^^

Junior Android Developer, blogger, college in Diponegoro University at Computer System Engineering.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »