Rabu, 15 Oktober 2014

Penjelasan Program Sederhana Java: Program Input Data Diri Sederhana


Kembali lagi bersama saya selaku admin blog Siskomtek ini. Sesuai janji saya kemarin, saya akan menjelaskan kode Java program input data diri sederhana yang telah kita buat pada pos Program Input Data Diri Sederhana kemarin. Oke kita langsung saja mulai.

Pertama saya akan menampilkan seluruh kode Java program tersebut seperti berikut:

Nah, disamping kodenya sudah saya beri komentar tentang kegunaan setiap kode. Pertama adalah import java.io.*; kegunaannya untuk memanggil/import semua library IO di Java, jika kode ini tidak dituliskan, maka program tidak bisa untuk melakukan input nilai seperti memasukkan karakter atau angka.

Lalu kode yang otomatis ter-generate adalah public class Inputdatadiri yakni sebuah kelas dengan modifier public (variabel/method yang ada di dalam kelas ini dapat digunakan untuk kelas yang lebih tinggi). Di bawahnya terdapat kode kelas utama yang harus wajib ada dalam setiap program.

System.out.print untuk menampilkan kalimat dan nilai variabel yang dimasukkan. Lalu kode di bawahnya yaitu BufferedReader br = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in)); untuk membuat objek baru yakni berupa input pada Java.

Selanjutnya kita mendeklarasikan variabel untuk menampung objek input tersebut yakni nama yang mana kita set nilai defaultnya null. Lalu kode selanjutnya adalah meletakkan variabel nama pada kalimat sebelumnya sehingga dalam program akan tampil 1 baris, kemudian hasilnya akan ditampilkan pada baris berikutnya.

catch (IOException ioe){} digunakan sebagai penangkap kode error agar tidak ditampilkan. Yang terakhir adalah System.out.println menampilkan kalimat dan nilai variabel yang telah dimasukkan sebelumnya.

Nah, gimana penjelasan saya yang belepotan? Hehehe, setelah penjelasan kode Java program input data diri sederhana ini, akan saya lanjutkan Program Konversi Nilai Ujian ke Huruf sebagai implementasi pemilihan kondisi dalam Java. Selamat mencoba dan happy coding!
Komentar Disqus