Sabtu, 22 Maret 2014

Jenis-jenis Literal pada Bahasa Pemrograman Java


Selain variabel, Java juga mempunyai yang namanya literal. Kali ini saya akan menjelaskan jenis-jenis literal pada bahasa pemrograman Java. 

Sebelum itu, apa sih literal itu? Pada bagian ini akan dijelaskan tentang literal, yaitu rangkaian kata atau huruf yang menyatakan suatu nilai. Misalnya:
int angka = 10; 
Pada pernyataan di atas, yang dinamakan literal adalah 10, karena 10 berarti bilangan bulat atau integer. Pada bahasa pemrograman java, terdapat beberapa jenis literal yang melambangkan bilangan bulat, riil, kalimat, atau boolean.
Jenis-jenis Literal pada Bahasa Pemrograman Java

Berikut beberapa jenis dari literal pada Java.
  1. Literal Bilangan Bulat
    Bilangan bulat dapat dilambangkan dalam beberapa bentuk. Bilangan bulat biasa dilambangkan dengan deretan angka yang dimulai dengan angka yang bukan nol. Contoh:
    int angka = -10;
  2. Literal Karakter
    Jenis literal yang kedua yakni literal karakter. Kita dapat melambangkan suatu karakter dengan tanda petik tunggal misalnya _a' atau _3' atau _='. Suatu karakter dapat juga dilambangkan dengan kode ASCII-nya. Caranya engan memulainya dengan \u00 (garis miring terbalik) kemudian diikuti dengan kode ASCII-nya dalam bentuk heksadesimal. Contoh:
    // huruf 'A' dalam ASCII
    char huruf = '\u0041';
  3. Literal Boolean
    Nilai true dan false dalam Java merupakan literal boolean. Suatu variabel bertipe boolean hanya dapat bernilai true atau false. Contoh:
    boolean ok = true;
    Perlu diingat bahwa boolean tidak menggunakan tanda petik tunggal seperti ekspresi pada karakter.

    TipeUkuranRentangPresisi (Jumlah Digit)
    BytesBit
    Float432+/- 3.4 x 10^386 - 7
    Double864+/- 1.8 x 10^3815

    Imbuhan akhir d atau D dan f atau F dapat pula ditambahkan untuk menentukan tipenya secara eksplisit. Berikut beberapa contohnya.
    double d = 3.2E+32;
    float f = 4f;
    float pi = 3.14159;
  4. Literal String
    String merupakan untaian huruf dan angka yang tersusun menjadi satu kalimat. Dalam bahasa Java, string bukan merupakan tipe primitif, tetapi merupakan kelas. String pada Java tidak disimpan dalam bentuk array seperti pada C. Java menyediakan beberapa metode untuk melakukan penggabungan, modifikasi, atau perbandingan. String ditulis di antara dua tanda petik ganda seperti contoh berikut.
    String salam = "Selamat Datang";
    String juga dapat mengandung karakter spesial seperti dibahas pada literal karakter. Misalnya:
    String hallo = "Selamat Datang \"Bapak Presiden\"";
    System.out.println("Hallo Bambang \nSelamat pagi, \nSemoga hari anda cerah\n");
    Berikut adalah beberapa contoh lainnya.
    //Contoh string kosong String teks = "";
    //Contoh string berisi " teks = "\"";
    //String dapat juga dipisah menjadi beberapa baris teks = "ini baris pertama " + "dan ini lanjutannya."
  5. Literal Null
    Literal terakhir pada bahasa Java adalah literal null. Null merupakan kondisi di mana suatu objek tidak diberi alokasi memori. Pada saat suatu objek tersebut. Apabila objek tersebut telah  selesai dipergunakan, kita dapat melepas lokasi memori yang digunakan oleh objek tersebut sehingga memori itu dapat digunakan oleh objek lain. Berikut contohnya:
    obj = null;
Semoga bermanfaat dan happy coding!
Disqus Comments