Queue, Konsep Struktur Data Antrean pada Java

Selain Array yang sudah saya singgung di bahasan sebelumnya (Baca: Konsep Array pada Java), pada pemrograman Java juga terdapat Queue.

Queue atau antrian adalah struktur data yang terdiri dari item dalam urutan tertentu. Antrian memiliki dua ujung yaitu ujung depan dan belakang. Item selalu dimasukkan dari belakang antrian dan selalu dikeluarkan dari depan antrian. Operasi memasukkan dan mengeluarkan item dari dalam antrian sering disebut dengan Enqueue dan Dequeue.

Suatu item yang ditambahkan di belakang antrian tidak bisa dihapus sebelum item di depannya dihapus. Analoginya seperti antrian ketika akan menabung di bank, nasabah akan dilayani dalam urutan ketika mereka datang.

Pada pemrograman Java, agar dapat menggunakan Queue perlu digunakan kelas Queue dan LinkedList. Untuk membuat objek Queue pada java menggunakan syntax sebagai berikut :

 Queue objekqueue = new LinkedList();  

Untuk memasukkan nilai pada objek yang telah dibuat tersebut (objekqueue) dapat digunakan method offer().

 Objekqueue.offer(objek_yang_hendak_dimasukkan);  

Untuk mendapatkan panjang antrian dapat digunakan method size().


Objekqueue.size();

Untuk mengambil nilai (tidak menghapus) dari objek queue dapat digunakan method peek(). Method ini akan menampilkan nilai dari objek queue yang pertama kali dimasukkan. Seperti antrian pada kehidupan nyata, jika nilai yang pertama dimasukkan tidak dihapus, method peek() akan tetap menampilkan objek yang pertama kali dimasukkan dengan method offer().

Objekqueue.peek();

Sedangkan untuk mengambil dan menghapus antrian terdepan pada objek queue digunakan method poll(). Method ini akan mengembalikan nilai null jika pada antrian tidak ada nilainya.

Dengan method offer, dimasukkan 3 buah nilai berturut- turut yaitu Satu, Dua dan Tiga pada objek ‘antrian’ method size() akan menampilkan nilai ukuran queue. Kemudian untuk menampilkan isi seluruhnya dari objek antrian dapat menggunakan System.out.println() dengan menyebutkan objeknya. Kemudian menggunakan method poll() akan mendapatkan nilai sekaligus menghapusnya pada antrian terdepan. Sehingga jika ditampilkan sekali lagi isi keseluruhan dari objek Antrian, isinya akan berkurang yaitu ‘Satu’ yang merupakan nilai yang pertama kali dimasukkan menggunakan method offer().

Selamat mencoba dan happy coding!

Junior Android Developer, blogger, college in Diponegoro University at Computer System Engineering.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »