Cara Instal Windows 7 Lengkap (Disertai Gambar)

Selamat pagi, jika beberapa waktu lalu saya sudah menjelaskan bagaimana cara instalasi Linux Ubuntu, sekarang dalam urusan coding kita juga menggunakan OS terpopuler yakni Windows 7. Cara menginstal Windows 7 sebenarnya cukup mudah dibanding Linux Ubuntu dan di internet sudah banyak sekali tutorialnya, akan tetapi di sini tetap saya tuliskan karena merupakan materi dari blog ini sebagai awal kita untuk melakukan coding nanti.
Cara Instal Windows 7 Lengkap (Disertai Gambar)

Overview
Windows 7 adalah sistem operasi besutan Microsoft yang merupakan varian OS dengan jumlah penjualan terbanyak. Hal ini dikarenakan kemudahan dalam penggunaan alias user friendly, kompatibilitas yang baik, dukungan fitur dan pembaharuan perangkat lunak yang baik, dan sangat ramah dengan banyak program aplikasi. Akan tetapi seiring dengan berkembangnya varian Windows terbaru yakni Windows 8.x, pembaharuan sejumlah fitur Windows 7 pun semakin berkurang. Tapi sampai sekarang banyak sekali pengembang yang masih menggunakan Windows 7 sebagai OS andalan mereka.

Tutorial
Langkah-langkah menginstal Windows 7 adalah sebagai berikut.
  1. Masukkan CD/Flashdisk yang berisi OS Windows 7 berformat ISO dan jalankan sehingga file instalasi Windows 7 dimuat.
    Cara Instal Windows 7 Lengkap
  2. Setelah berjalan, maka akan muncul tampilan konfigurasi bahasa yang akan digunakan, waktu, dan jenis metode masukan keyboard. Jika sudah diatur, klik next.
    Cara Instal Windows 7 Lengkap
  3. Lalu klik Install now untuk memulai proses instalasi. Untuk pilihan lainnya seperti What to know before installing windows untuk mengetahui segala hal yang perlu diketahui sebelum menginstal dan pilihan repair your computer untuk memperbaiki Windows terpasang yang mengalami kerusakan.
    Cara Instal Windows 7 Lengkap
  4. Tunggu beberapa saat, sehingga muncul pernyataan lisensi. Centang pada I accept the licence terms lalu klik next.
    Cara Instal Windows 7 Lengkap
  5. Selanjutnya akan muncul jenis instalasi. Pilih Custom (advanced) untuk melakukan proses instalasi yang mana dalam prosesnya akan mengubah partisi yang ada, sedangkan pilihan Upgrade hanya mengubah versi terbaru dari windows tanpa mengubah data yang ada dalam komputer.
    Cara Instal Windows 7 Lengkap
  6. Kemudain akan muncul tampilan untuk memulai proses partisi, klik Drive options (advanced) lalu pilih new pada tampilan selanjutnya.
    Cara Instal Windows 7 Lengkap
  7. Isikan besar memori yang akan digunakan untuk menyimpan file sistem instalasi lalu klik Apply. Atur berapa partisi yang dibuat sebagai Drive penyimpanan dan berapa besarnya tiap partisi.
    Cara Instal Windows 7 Lengkap
  8. Dalam langkah ke-7 saya membagi harddisk komputer menjadi 3 drive yang bisa dilihat gambarnya di bawah ini.
    Cara Instal Windows 7 Lengkap
  9. Setelah proses partisi selesai klik next, maka proses instalasi berjalan. Pada saat proses instalasi berjalan, komputer akan melakukan restart, lalu akan melanjutkan proses instalasi sampai selesai.
    Cara Instal Windows 7 Lengkap
  10. Setelah proses instalasi selesai, komputer akan melakukan restart ulang dan melakukan persiapan untuk penggunaan pertama kali. Setelah selesai, maka akan muncul tampilan untuk mengisikan user name. Selain itu kita juga mengisikan nama dari tipe komputer, misal komputer pribadi, komputer kerja, atau lainnya. Isikan sesuai keinginan lalu klik next.
    Cara Instal Windows 7 Lengkap
  11. Sekarang masukkan password komputer untuk masuk ke akun anda nantinya.
    Cara Instal Windows 7 Lengkap
  12. Selanjutnya masukkan produk key untuk lisensi keabsahan Windows yang didapat saat membeli CD Instalasinya, lalu klik next.
    Cara Instal Windows 7 Lengkap
  13. Selanjutnya akan muncul tampilan Set Up Windows seperti gambar dibawah. Akan ada 3 pilihan, yaitu use recommended settings untuk memasang pembaharuan penting dan direkomendasikan oleh windows, installl important updates only untuk memasang pembaharuan keamanan dan komponen yang penting untuk windows, dan ask me later untuk memberitahu kita nanti jika ada pembaharuan baru untuk kita instal atau tidak. Untuk amannya, maka kita pilih Uses recommended setting.
    Cara Instal Windows 7 Lengkap
  14. Kemudian atur waktu dan zona waktu yang digunakan untuk OS Windows nantinya, lalu klik next.
    Cara Instal Windows 7 Lengkap
  15. Tampilan selanjutnya menampilkan jenis jaringan yang akan digunakan. Ada 3 pilihan jaringan, antara lain Pilihan Home Network jika komputer menggunakan jaringan di area rumah saja, Works Network jika komputer menggunakan jaringan di area kantor atau tempat kerja saja, dan Public Network jika komputer menggunakan jaringan di area umum (dimana saja). Jadi untuk menggunakan jaringan dimana saja, maka pilih Pubic Network.
    Cara Instal Windows 7 Lengkap
  16. Tunggu komputer menyelesaikan konfigurasi termasuk menyiapkan komputer untuk menggunakan Windows 7. Setelah selesai, maka akan muncul tampilan desktop Windows 7.
    Cara Instal Windows 7 Lengkap
Ada varian Windows 7 yang disertai dengan fitur Aero Glass dan fitur ini akan aktif jika VGA komputer/laptop sudah dipasang atau mendukung untuk menggunakannya.

Nah, itulah cara instal Windows 7 lengkap disertai gambar untuk mempermudah proses memasangannya. Selanjutnya saya akan membahas bagaimana menggunakan Command Prompt dan Terminal untuk melakukan perintah-perintah dasar. Sampai jumpa di postingan selanjutnya dan keep coding.

Junior Android Developer, blogger, college in Diponegoro University at Computer System Engineering.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »