Kamis, 20 Oktober 2016

Stack, Konsep Tumpukan pada Java


Selain queue dan array, Java juga mempunyai struktur data yang disebut stack. Stack atau disebut juga tumpukan pada pemrograman Java yang terdiri dari kumpulan item yang disusun sedemikian rupa sehingga satu item ditumpuk di atas item lainnya, mirip seperti tumpukan boks. Hanya item paling atas yang bisa diakses pada suatu saat.

Item tersebut bisa diambil dari tumpukan dengan method yang disebut pop(). Item paling bawah hanya bisa diambil jika semua item di atasnya telah diambil dari tumpukan.

Untuk menambahkan item pada tumpukan dilakukan dengan method push().

Nah, agar lebih paham tentang stack di Java, analisis code berikut yang merupakan contoh konsep penggunaan stack untuk menentukan piring kotor dan piring bersih.


Dari code di atas, pada Java sudah terdapat library Stack untuk menangani permasalahan tumpukan seperti contoh kasus di atas.

Program sederhana tersebut menggunakan 2 stack, dimana stack pertama untuk menampung piring-piring kotor dan stack kedua untuk menampung piring-piring bersih.

Program akan menghasilkan output berupa piring-piring yang ada pada tumpukan dan jumlah piring pada masing-masing tumpukan.

Hasil program ketika di-run adalah seperti gambar berikut:


Fungsi utama dari Stack yaitu proses input output data yang mana data yang pertama masuk akan terakhir keluar dan data terakhir masuk akan keluar pertama kali, proses tersebut disebut juga Last In First Out (LIFO).

Untuk penjelasan yang lebih terperinci, silahkan pelajari stack pada Java di beberapa referensi berikut ini.
Materi sebelumnya tentang pengondisian yang harus kamu ketahui:
Selamat mencoba dan happy coding!

Disqus Comments