Sabtu, 26 Juli 2014

Perulangan For pada Java


Perulangan For pada Java - Pada artikel ini, Kita akan membahas bentuk perulangan lain, yaitu perulangan for. Setiap bentuk perulangan for dapat diubah menjadi bentuk perulangan while pada Java dengan fungsi yang sama tanpa mengubah alur program. Tetapi tergantung dari permasalahan yang akan kita pecahkan, menulis program dengan for akan membuat alur program lebih mudah dipahami.

Misalnya, kita akan menghitung 1+2+3+4+5+...+100. Kita bisa ekspresikan program tersebut dalam bentuk

i = 1;
jumlah = 0;
while (i <= 100) {
    jumlah += i;
    i++;
}

Perulangan ini dapat ditulis juga dengan

jumlah = 0;
for (i = 1; i <= 100; i++)
jumlah += i

Apa point-point penting yang kita lihat dari perubahan ini? Pertama mari kita lihat bentuk penggunaan while yang umum dilakukan inisialisasi variabel

while (suatu_kondisi_variabel) {
   perintah
   update_variabel
}

Di sini perulangan while memiliki 3 komponen penting, yaitu inisialisasi, yaitu memberikan nilai awal suatu variabel, suatu_kondisi_variabel, yaitu pengujian bahwa perulangan akan terus dilakukan selama kondisi ini bernilai true, dan terakhir update_variabel, yaitu instruksi mengubah nilai kondisi variabel untuk membatasi perulangan sehingga akan selesai suatu saat, tidak berulang terus menerus.
Pada perulangan for, ketiga komponen ini dirangkai menjadi satu dalam bentuk:
for (inisialisasi_variabel; kondisi_variabel; update_variabel) perintah
atau jika perintah merupakan blok yang terdiri dari banyak perintah, dapat dituliskan juga dalam bentuk:
for (inisialisasi_variabel; kondisi_variabel; update_variabel) {    banyak_perintah }  
Di sini inisialisasi variabel bisa berupa apa saja yang berbentuk perintah. Dengan menggunakan for, kita dapat menge-set nilai awal variabel, lalu mengulangnya hingga bentuk yang diinginkan dalam kondisi tertentu. Perulangan for sangat membantu untuk melakukan pencarian nilai atau lainnya.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai perulangan for pada Java. Pada pertemuan selanjutnya kita akan mulai dengan project sederhana pertama, jadi jangan lupa instal Netbean IDE-nya ya. Semoga artikel dan tutorial ini bermanfaat, happy coding! ^^
Komentar Disqus